Kumpulan artikel tutorial memperbaiki komputer dan laptop

Tips foto menggunakan smartphone

Kamera atau foto-foto dari jepretan sebuah kamera ponsel pintar atau biasa disebut smartphone memang sering kali identik dengan foto selfie, foto makanan dan sosial media. Namun tidak jarang juga foto-foto hasil dari jepretan kamera ponsel terkesan asal jepret dan kurang maksimal.

Lensa pada kamera ponsel memang cenderung menggunakan lensa wide sehingga tidak dan belum bisa menyaingi lensa-lensa pada kamera DSLR dengan lensa dan optical mahal. Memang ketika kita menggunakan sebuah ponsel dengan terdapat sebuah kamera di dalamnya tentu fokus utama kita tetap pada fungsi ponsel pintar tersebut dan kamera hanya sebagai pelengkapnya.

Fotografi ponsel, komunitas Kofipon sumber foto Om.Ahmadiharjo
Namun demikian, kamera smartphone jika kita gunakan lebih baik dan maksimal tentunya akan mampu juga menghasilkan jepretan foto dengan nilai seni baik dan tidak terkesan asal foto. Berikut ini tips memanfaatkan kamera smartphone supaya menghasilkan foto yang baik dan oke.

Gunakan snapshot ketika memotret menggunakan ponsel.

Pengguna smartphone dengan kamera berkapasitas pixel besar sering kali terkesan asal jepret dan asal ambil foto saja. Jika Anda ingin mendapatkan foto dari smartphone dengan hasil baik dan memiliki nilai lebih, maka gunakan kamera ponsel Anda dengan serius dan sesuai peruntukannya.
foto minimalis
Konsep foto minimalis, milik Om.Ahmadiharjo menggunakan Asus Zenfone
Gunakan konsep, tujuan dan angel memotret yang matang sehingga mampu juga menghasilkan foto yang mampu mengambarkan sesuatu serta bisa Anda banggakan juga.

Komposisi Foto.

Membaca di forum dan grup fotografi, bahwa sebuah foto bisa dikatakan dahsyat dan bernilai seni tinggi yaitu komposisi dari foto tersebut.
Street fotografi, menggunakan Acer Z400
Menghasilkan sebuah foto dengan komposisi dahsyat tidak harus dengan menggunakan sebuah kamera besar dan mahal semacam kamera DLSR, namun bisa juga dihasilkan dari sebuah kamera ponsel.

Gunakan aplikasi filter foto.

Jika Anda pengguna sosial media semisal instagram atau pengguna aplikasi editing foto seperti Snapseed atau PicsArt, tentunya sudah mengenal filter-filter dan filter untuk merubah sebuah foto.

Ada sebagian pengguna kamera ponsel yang kurang menyukai menggunakan aplikasi filter, namun tidak ada salahnya jika menggunakan aplikasi editing atau filter foto asalkan porsi dan peruntukannya juga pas dan tidak berlebihan.

Gunakan filter dan editing foto sesuai dengan jenis dan tema foto yang Anda gunakan, sehingga tidak menghilangkan makna dan pesan foto tersebut.

Bermainlah dengan angle foto.

Selain faktor pencahayaan yang tepat, angle sebuah foto juga turut menentukan sebuah foto menjadi memiliki nilai lebih atau tidak. Keuntungan menggunakan kamera sebuah smartphone atau pocket kamera tentunya dikarenakan ukuran kamera yang kecil dan ringan dibandingkan dengan kamera DSLR yang besar dan berat.

Dengan kamera yang ringan dan kecil menjadikan kita bebas mengambil angle dari sudut manapun yang sempit sekalipun.

Gunakan aplikasi fotografi ponsel.

Menggunakan aplikasi foto/kamera bawaan tentunya juga cukup baik dan oke, namun tidak ada salahnya juga mencoba aplikasi kamera lainnya untuk menambah wawasan Anda mengenai aplikasi kamera ponsel Android seperti aplikasi kamera pada instagram, camera 360 atau aplikasi camera fv.5 yang bisa menjadikan kamera ponsel Anda seperti kamera DLSR dengan fitur-fitur kerennya seperti pengaturan Exposure, control lighting dll.

Tentukan aplikasi terbaik

Ada banyak aplikasi untuk editing foto di google play store, mencobalah beberapa aplikasi editing foto di smartphone Anda. Pilih aplikasi yang terbaik, ringan dan tentunya mudah dalam pemakaiannya.

Namun untuk pilihan penggunaan semuanya terserah pada Anda juga sebagai penggunannya, blog artikel komputer juga pernah sebelumnya menulis aplikasi editing foto android yang cukup populer di kalangan Komunitasfotografi ponsel atau Kofipon.


Demikian, artikel tentang memanfaatkan dan menggunakan kamera smartphone untuk fotografi. Selamat mencoba, selamat berkarya dengan ponsel Anda dan semoga artikel ini bermanfaat.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips foto menggunakan smartphone

0 komentar:

Posting Komentar